dungteng

Everything about WordPress.com Free Action

Menjaga Harddisk Agar tetap Sehat

harddisk

lebih baik mencegah daripada memperbaiki

Harddisk adalah komoditas berharga yang berisi data yang kita gunakan untuk melakukan pekerjaan. Oleh karena itu kita memberinya perawatan terbaik. Memang,  pada akhirnya harddish akan mati, disini anda dapat mencegah kematian harddish mati dini, langkah-langkah untuk  merawat kesehatan harddish, sebagai berikut :

Jalankan chkdsk

Harddish pada akhirnya berisi error, error bisa dalam bentuk fisik, masalah software, masalah tabel partisi dan banyak lagi. Masalah seperti bad sector,cluster yang hilang,file yang tersebar dan/atau error directory akan dicoba ditangani oleh program chkdsk. Error dapat menyebabkan harddish tidak bisa booting dan akhirnya downtime. Cara terbaik menggunakan chkdsk adalah menjalankan pada saat boot berikutnya dengan perintah chkdsk X:if. (X adalah harddish yang akan diperiksa ). Perintah itu akan memberitahu anda bahwa harddish dikunci dan akan menanyakan apakah anda ingin menjalankan chkdsk pada sistem restart. Pilih ya untuk mengiyakan tindakan tersebut.

Gunakan Utiliti Monitoring

Banyak aplikasi diluar sana yang bisa digunakan untuk memantau kesehatan harddish kita. Salah satunya adalah Acronis Drive Monitor yang akan memantau semuanya, mulai suhu harddish sampai persentase ruang kosong. Tool itu dapat diatur untuk mengirimkan e-mail pemberitahuan jika ada sesuatu yang salah pada harddish yang sedang dipantau. Pemeritahuan itu merupakan cara sederhana untuk tetap proaktif dalam mengantisipasi kegagalan harddish.

Instalasi Sistem Operasi dan Data secara terpisah

Dengan memisahkan data ke harddish yang berbeda, pembacaan/penulisan di harddish tempat instalasi sistem operasi (SO) akan lebih sedikit karena banyak operasi I/O terjadi pada harddish data. Dengan melakukan hal itu, kita memperpanjang umur harddish tempat SO diinstal serta mempermudah pemindahan data jika harddish SO gagal.

Sirkulasi Udara yang cukup

Walaupun masalah sirkulasi udara yang cukup sebenarnya tidak perlu disebutkan lagi, karena maasih banyak orang yang mengabaikannya. Mungkin anda sering melihat PC yang diletakan dilemari kecil tanpa sirkulasi. Jelas PC itu akan selalu dalam keadaan  panaas sehingga memperpendek umur komponen didalamnya. Daripada memasukan PC ke tempat sempit dan tidak ada ruang udara , berikan banyak ruang sirkulasi. Jika anda harus menjejalkan PC ke tempat sempit, setidaknya berikan ventilasi dan tambahan kipas untuk menyedot udara panas dari PC. Bukan tanpa alasan para pengembang mengalokasikan begitu banyak waktu dan uang untuk  pendingin PC sehingga kita memiliki  hal-hal seperti cairan pendingin dan sistem p endingin yang canggih untuk data center.

Waspada arus Statis

Masalah lain yang sebenarnya tidak perlu disebutkan lagi adalah arus statis yang merupakan musuh komponen komputer. Sebelum memegang komponen, pastikan anda menetralisasi diri anda, terutama pada musim dingin atau di daerah udara kering. Jika anda seperti mendapat kejutan setiap kali menyentuh harddish, itu pertanda bahwa anda harus ekstra hati-hati saat menangani harddish tersebut. Perhatikan juga peletakan harddish. Kadang ada diantara kita yang meletakanharddish diatas speaker, TV dan peralatan rumah tangga/perangkat lain yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik. Memang magnet pada sebagian besar peralatan/perangkat tersebut tidak cukup kuat untuk menghapus harddish, tetapi kita tidak perlu mengambil resiko bukan ?

Defragmentasi Haddisk

Drive yang terfragmentasi didorong untukbekerja lebih keras, daripada yang seharusnya. padahal, semua harddisk harus digunakan pada kondisi yang paling efisien untuk  menghindari pemakaian atau aus berlebihan, termasuk fragmentasi. Untuk amannya, atur PC anda untuk melakukan defragmentasi setiap minggu. fungsinya untuk memperpanjang umur harddisk dengan menjaga struktur file agar lebih efisien sehingga head baca tidak terlalu banyak atau sering bergerak.

Gunakan Solid State Drive

Solid State drive pada dasarnya hanyalah drive flash berukuran besar sehingga mereka tidak memiliki bagian yang bergerak. Tanpa adanya bagian yang  bergerak, umur drive (umur drive secara keseluruhan) sudah tentu akan lebih lama dibanding drive yang mempunyai head,plat dan bantalan. Meskipun terasa lebih mahal    pada awalnya, secara jangka panjang, anda akan lebih hemat karena solid state drive menawarkan pemakaian yang lebih lama. Itu berarti lebih sedikit kemungkinan terjadinya kegagalan drive.

Backup

Semua barang ada masa pakainya. Pada akhirnya, harddisk akanmati. Tidak peduli bagaimana hati-hatinya anda, tidak peduli berapa banyak langkah yang anda ambil untuk mencegah kegagalan, harddisk pada akhirnya mati. Jika anda memiliki backup, setidaknya perpindahan dari satu harddisk ke yang lain tidak akan menyulitkan. Dengan menggunakan utiliti backup, anda dapat menstranfer image dari salah satu harddisk ke harddisk yang lain tanpa kesulitan yang berarti.

Bagaimana menurut anda ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: